Breaking News

RKPD 2019 Jadi Acuan Pembangunan Kota Ambon



Ambon, Cahaya Lensa.Com- Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2019 dijadikan sebagai acuan untuk pembangunan Kota Ambon.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler dihadapan seluruh perangkat daerah Kota Ambon di Ruang Rapat Lantai II Balai Kota Ambon, Selasa (27/02)
Menurutnya, RKPD atau Lintas Perangkat Daerah Tahun 2019 merupakan penyempurnaan penyusunan rencana pembangunan tahunan daerah.

Hal tersebut juga dilatarbelakangi oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 86 tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Pada intinya RKPD telah melewati beberapa tahapan awal yakni Konsultasi Publik pada (30/01) dilanjutkan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada lingkup lima kecamatan di Kota Ambon.

Dikatakan, RKPD saat ini dilibatkan sekitar 150 peserta perangkat daerah yang dijabarkan dalam lingkup kerja lintas daerah baik pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun lintas OPD yang tergabung dalam tim perumus Musrenbang.

“Forum ini bisa kita sinergikan dengan program usulan kecamatan. Terkait kinerja Bappeda perlu dijelaskan, lintas perangkat daerah di lakukan dalam bingkai pembangunan jangka menengah 2018-2022 , khususnya pada kinerja tahun 2019,” ungkap Hadler.

Menurutnya, inti dari RKPD yakni menyelaraskan program perangkat daerah Kota Ambon berdasarkan hasil Konsultasi Publik serta hasil Musrenbang kota Ambon di lima kecamatan yang melibatkan para pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ambon, diantaranya para Camat, Lurah, Kepala Desa, Raja, serta perwakilan elemen masyarakat lainnya.

“Selain menyelaraskan, RKPD ini pula akan menyesuaikan pendanaan berdasarkan pagu indikatif Pemerintah Kota,” tambahnya

RKPD 2019, disisi lain pelaksanaan pembangunan Kota Ambon menuju Ambon yang Harmonis, Sejahtera dan Religius yang nantinya menjadi acuan penyempurnaan rancangan awal RKPD 2019. untuk itu, sudah harus di sampaikan kepada Bappeda paling lambat Minggu ke dua Maret 2018.

“Perlu dicermati, gambaran nyata proses ini adalah integrasi dan sinergitas, sehingga komitmen ini harus konsisten dan berkelanjutan,” tutupnya (CL-06)

Tidak ada komentar