Breaking News

Keren !!! Ada Lagu “Kalwedo” Di Penutupan Pameran Maluku Expo 2018

Ilustrasi

Ambon, Cahayalensa.com –Penutupan pameran Maluku Expo Pesparani Nasional 1 berlangsung meriah dilapangan Polda Maluku, Chr.Tahapary, Tantui, Ambon Selasa  30 Oktober 2018. Setiap daerah berlomba menampilkan yang terbaik. Ada yang beda malam itu. Kontingen D.I Yogyakarta tampil memukau dengan lagu Maluku berjudul “Kalwedo”. Sontak penonton bersorak. Tak ketinggalan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua yang bergegas naik kepanggung menyalami peserta satu per satu sebagai bentuk kebanggan dan apresiasi atas penghargaan yang diberikan bagi karya anak Maluku.  

 "Penampilan kalian sangat luar biasa, terima kasih banyak. Sampaikan salam kita kepada bapak Gubernur,"ujar Wakil Gubernur, yang turut didampinggi ketua LP3KN Adrianus Meliala.

Sementara itu, Irene Vista selaku Dirigen dari paduan suara DI Yogyakarta, mengaku bangga karena telah membawakan lagu Maluku yang penuh dengan makna persaudaraan hidup orang beragama.

"Kami  berlatih selama 2 bulan di Yogyakarta. Di Ambon hanya 2 kali saja, tapi kami bangga bisa membawakan lagu ini dengan baik dan bisa diterima dihati masyarakat,"ucapnya bahagia.

Kata KALWEDO sendiri didalam tata perilaku adat orang MBD, bernada memberikan sebuah kepastian jiwa, hati, pikiran, dan sikap perbuatan yang saling menjamu dan saling berbagi kebaikan atau keselamatan hidup.


Jelas bahwa KALWEDO, bukan sekedar permainan kata dan bibir, tetapi kata hati yang bersinar sebagai tanda dan penanda peradaban asli dari komunitas adat di kepulauan Maluku Barat Daya, Maluku yaitu peradaban keramahtamahan hidup, suatu peradaban asli (otentik) yang tahu menghargai hidup, bertanggungjawab unutk merawat serta memeliharanya.(CL)

Tidak ada komentar