Breaking News

Tingkatkan BKKBN Maluku Gelar Kegiatan KKBPK

Ambon, Cahayalensa.com - Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku menggelar kegiatan Capacity Building Peningkatan Kualitas Perencanaan Program KKBPK tingkat provinsi dan kabupaten/kota tahun 2018, bertempat di Marina Hotel, Kamis (18/10/2018).

Kegiatan yang dihadiri oleh pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional itu, di buka dengan resmi oleh Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Dra. Renta Rego.
Dalam sambutannya Renta Rego mengatakan, tahun 2018 adalah tahun keempat implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Oleh karena itu, Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) harus mendapat perhatian khusus dari seluruh unit kerja komponen Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku.
Serta mitra kerja/staceholders, terutama dalam memperkuat arah kebijakan terhadap kegiatan-kegiatan prioritas, yang dapat memberikan daya ungkit yang tinggi dalam upaya pencapaian target/sasaran rencana strategis program KKBPK di provinsi.

Menurutnya, BKKBN merupakan salah satu Kementerian/Lembaga yang turut bertanggung jawab atas upaya pencapaian Agenda Prioritas Pembangunan (Nawacita), terutama pada Agenda Prioritas Nomor lima yaitu “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia”, pada butir pertama untuk mensukseskan Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Program KKBPK merupakan bagian integral dari pembangunan sosial, budaya dan ekonomi bangsa, yang tidak dapat dipisahkan dengan pembangunan sektor terkait lainnya, sehingga akan memberikan kontribusi yang berarti terhadap peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, komitmen dan dukungan baik dari internal Perwakilan BKKBN Provinsi, maupun mitra kerja dalam hal ini OPD-KB kabupaten/kota harus ditingkatkan, dalam mencapai sasaran yang telah disepakati dalam RPJMN/Renstra BKKBN 2015-2019.

Dalam pertemuan ini juga dibahas pelaksanaan DAK Sub Bidang KB baik fisik maupun non fisik serta mengevaluasi pelaksanaannya, dimana melalui DAK Bidang KB akan memberikan kontribusi terhadap daya ungkit dalam upaya pencapaian target/sasara yang ditetapkan.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan ini akan dapat memeberikan peluang terhadap pengembangan wilayah yang dimiliki,”katanya.

Selain itu, melalui DAK Sub Bidang KB dapat mendukung tercapainya sasaran prioritas pembangunan KKBPK, yang menentukan perkembangan Provinsi Maluku ke arah yang diinginkan.
Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikn kontribusi untuk peningkatan pelaksanaan program KKBPK.

Tentunya, kita dapat bekerja sama dalam meningkatkan kualitas penduduk di daerah ini,”harapnya.(CL/**)

Tidak ada komentar