Breaking News

DPRD Kota Ambon Gelar Paripurna Penyampaian LPJK Walikota Ambon

Ambon, Cahayalensa.com- DPRD Kota Ambon menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban Walikota Ambon tahun 2023 sekaligus penyerahan lkpj kepada DPRD yang berlangsung di ruang paripurna baileo rakyat belakang soya, Kamis ,28 Maret 2024.

Paripurna yang dipimpin wakil ketua Gerald Mailoa didampingi ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta dan wakil ketua Rustam Latupono dihadiri Kapolres pulau Ambon Kejari Ambon dan Dandim 1504 Ambon. 

Namun sayangnya dalam Paripurna itu tidak dihadiri seluruh anggota DPRD Kota Ambon di mana terlihat sejumlah kursi anggota DPRD terlihat kosong pejabat Walikota Ambon dalam penyampaian lkpj mengatakan lkpj akhir tahun 2003 disusun berdasarkan perwali nomor 30 tahun 2023 tentang perubahan rencana kerja Pemerintah Daerah Kota Ambon serta Perda Nomor 3 tahun 2023 tentang perubahan. 

Yang mana secara teknis penyusunan lkpj berpedoman pada Permendagri Nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2020 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemda.

Sebagaimana ketentuan dalam Permendagri Nomor 18 Tahun 2020, maka ruang lingkup Substansi LKPJ Walikota Ambon tahun 2023 meliputi Penyelenggaraan urusan pemerintahan di yang menjadi hasil kewenangan daerah, hasil pelaksanaan pembantuan, dekonsentrasi dan penugasan, tindak tugas lanjut rekomendasi DPRD atas LKPJ Walikota Ambon akhir tahun anggaran 2022, serta kebijakan strategis yang diambil Pemda untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan selama tahun 2023.

"LKPJ ini merupakan laporan pelaksanaan tahun pertama RPD kota Ambon tahun 2023 -2026 yang dijabarkan lebih lanjut dalam RKPD maupun RKPD tahun 2023," jelasnya.

Untuk itu, semuanya didukung oleh 9 perioritas pembangunan yaitu pemulihan layanan pendidikan dan kesehatan yang bermutu, adil dan merata, pemulihan perekonomian melalui pariwisata, investasi, pertanian, industri dan perdagangan, serta koperasi dan UMKM, melaksanakan reformasi birokrasi untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, cerdas, dan profesional. (CL-03)

Tidak ada komentar