Breaking News

GMKI Ambon Ajak Warga Perangi Isu Sara dan Hoax Jelang Pilkada


Ambon, Cahayalensa.Com- Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ambon menghimbau kepada seluruh warga agar tidak terprovokasi dengan isu Sara dan berita tidak benar (Hoax) menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Wakil Gubernur Maluku, maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Himbauan tersebut disampaikan secara langsung oleh Badan Pengurus Cabang (BPC) GMKI Ambon yang diwakili oleh Ketua Cabang GMKI Ambon, Alfred Sony Lodar, ST saat konfrensi Pers bersama awak media di Ambon, Sabtu, (17/03).

Kepada awak media, Lodar yang didampingi oleh Sekretaris Cabang, Wakil Sekretaris Cabang dan Ketua Bidang Pendidikan Kader Cabang GMKI Ambon itu menyampaikan, sebagai salah organisasi kepemudaan yang peduli terhadap kesatuan dan keutuhan bangsa ini, GMKI Cabang Ambon merasa penting untuk mengingatkan Warga akan bahaya dari isu Sara dan Hoax yang dapat berpengaru terhadap terpecahnya tatanan kehidupan dan keharmonisan orang basudara di Provinsi Maluku yang dimainkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Masyarakat Maluku harus tetap tenang dalam menanggapi setiap isu ataupun informasi yang diperoleh atau beredar di media elektronik maupun media cetak secara objektif dan bijaksana agar tidak menimbulkan konflik ditengah-tengah kehidupan masyarakat" kata Lodar

Dia juga meminta, para pendidik di sekolah, mulai dari jenjang SD sampai SMA/SMK agar dapat memberikan sosialisasi kepada para siswanya untuk bisa memerangi isu Sara dan berita Hoax secara dini, dan dapat memberikan pendidikan politik bagi siswa SMA/SMK terlebih khusus bagi para siswa/siswi yang sudah tergolong dalam pemilih pemula, sehingga mereka dapat menggunakan hak pilihnya secara objektif.



Berikut pernyataan sikap GMKI Cabang Ambon dalam melawan isu Sara dan berita Hoax untuk menjaga keamanan dan kedamaian di Maluku menjelang Pilgub dan Pilpres 2019 ;

1. GMKI Cabang Ambon mengecam dengan dengan tegas pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, dan dengan sengaja menyebar berita/informasi Hoax dan membangun isu-isu propaganda bertopengkan Suku, Ras, Agama antar Golongan serta ujaran kebencian di tengah masyarakat melalui media elektronik.

2. Mendorong pemerintah agar segera menyikapi permasalahan dimaksud dengan memperkuat regulasi menjelang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

3. Mendorong aparat penegak hukum agar tidak hanya melakukan tindakan pemblokiran terhadap situs-situs hoax tetapi juga secara cermat, cepat dan tepat menjerat aktor-aktor politik Hoax yang berbau Sara dan uajaran kebencian berdasarkan hukum yang berlaku.

4. Secara independen bersama pihak aparat keamanan dan penyelenggara Pemilu mengawal setiap proses Pilkada dan Pilpres agar berjalan dengan aman, terpercaya dan berkualitas.

5. Bersama pihak kepolisian NKRI memerangi siapapun yang dengan sengaja menyebarkan isu-isu propaganda yang dapat memecah belah masyarakat dan atau keutuhan bangsa dengan ujaran-ujaran kebencian, Hoax serta Sara.

6. Menghimbau kepada seluruh Civitas GMKI Cabang Ambon agar secara tertib menjalankan hak-hak berdemokrasi secara beretika.

7. Menghimbau masyarakat Maluku agar tidak mudah terpancing dengan isu-isu ataupun berita Hoax, Sara dan ujaran kebencian melalui media elektronik serta secara cermat mengidentifikasi validasi sebuah informasi yang diperoleh. (CL-04)

Tidak ada komentar