Breaking News

H-3 Jelang Lebaran, Kedatangan Penumpang Di Pelabuhan Amahai Melonjak


Masohi, CahayaLensa.com - 
Memasuki H-3 Jelang Idul Fitri 1445 Hijriah, jumlah penumpang arus mudik yang menggunakan transportasi kapal cepat di pelabuhan Tulehu menuju pelabuhan Amahai melonjak tinggi.

Tingginya lonjakan penumpang dari Pelabuhan Tulehu dimanfaatkan calon penumpang karena pihak pengelola kapal cepat menyediakan tiket gratis untuk mudik dari tanggal 4 April hingga 8 April dengan tujuan ke pelabuhan Amahai, menggunakan beberapa kapal cepat yang tersedia.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Amahai, Abdul Radak yang dikonfirmasi menyebutkan, aktivitas mudik penumpang mulai terlihat pada Sabtu, 6 April 2024, dimana jumlah kedatangan penumpang dari pelabuhan Tulehu cukup banyak, sementara yang melakukan keberangkatan relatif sedikit.

Hal ini, menurutnya karena kebanyakan masyarakat lebih banyak memilih mudik Lebaran dengan keluarga pulau Seram tepatnya kota Masohi, dibanding yang merayakan Lebaran di luar daerah, dan kebanyakan yang mudik adalah mereka sebagai pegawai dan juga pedagang, termasuk mahasiswa.

Dikatakan Radak, penumpukan penumpang di pelabuhan Amahai, diperkirakan akan terjadi saat arus balik Lebaran atau pada saat mudik gratis mulai 14 April hingga 16 April 2024. Radak menambahkan, pihaknya bersama instansi terkait juga telah siap mengantisipasi penumpukan penumpang, termasuk melakukan koordinasi dengan penyedia jasa pelayaran untuk menyiagakan kapal jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang.

Sementara itu pada lokasi pelabuhan Tulehu, total kapasitas penumpang tersedia untuk kapal penumpang mulai dari tanggal 5 April sampai 9 April 2024 sebanyak 6.500, jumlah ini diperkirakan masih mencukupi untuk mengangkut calon penumpang yang belum mudik, melalui kapal laut sebanyak kurang lebih 4.000 orang. 

Tidak ada komentar